Tuesday 24 February 2015

Teknologi laser pada operasi mata


Sejalan perkembangan pesat bedah refraktif dengan memanfaatkan teknologi LASIK yang mulai dikembangkan pada akhir dekade 80-an, teknologi pembuatan flap korneapun ikut berkembang pesat Mikrokeratom pisau pembuat flap kornea selain makin tajam dan bertambah tipis, juga semakin mudah penggunaanya.

teknologi pembuatan mikrokeratom mekanik memang masih terus dikembangkan saat ini. akan tetapi mungkinkah dibuat badan pisau yang ebih tipis lagi dengan mata pisu yang lebih tajam. inilah kendala alami pada perkembangan alat mekanik fisik. oleh karna itu pada dekade yang sama dengan proses perkembangan mikrokeratom, beberapa ahli mulai mncari terobosanunutk mngatasi kendala fisik tersebut. jawabannya adalah teknologi laser sebagai pengganti pisau . 

Intralaze yang didirikan oleh Ron Kurtz MD, seorang super spesialis retina, bekerjasama denga Tibor Juhasz Ph.D seorang psikolog, adalah perusahaan pertama didunia yang melukan riset dan pengembanga teknologi pengganti mikrokeratom. teknoogi pembuatan flap dengan laser yang dikembangkan oleh Intralase FS laser yang mampu yang mampu menembakan energi laser sebesar 30.000 femtidetik pulsa /detik dengan kecepatan 30 Hz. ketitik tepat dilapisan strom ayang tepat berada dibelakang epitel kornea.

pancaran laser berdiameter 2-3 mikron ini akan jatuh pada titik yang smabung menyambung satu sma lain dengan kedalaman yang persis sama. dan menghasilkan flap ornea yang sangat tipis nan halus sesuai dengan kebutuha dokter.

Inilah sekilas pemanfaatan teknoli laser pada operasi mata

1 comment:

Silhkan berkomentar, nanti akan dikunjungi balik